Merayakan Hidup #poscardfiction

“Apa permintaan terakhir sebelum nyawamu kucabut?” Malaikat maut bertanya pada Joko. Pria itu termenung segala memori kehidupan yang telah dilewatinya selama 60tahun bertebaran dalam ingatan. Seolah-olah ada yang membuka kunci bank memori di otaknya.

“Saya ingin punya sedikit waktu lagi untuk merayakan hidup.” Malaikat maut tertegun, menatap pria yang sebagian paru-parunya telah habis dimakan sel kangker itu.

“saya selalu memandang hidup ini serius. Bangun pagi dengan serius, berhadapan dengan anak dan istri dengan serius, bekerja dengan serius, melakukan apapun dengan serius.  Hingga saya tak pernah menikmati hidup, tak pernah menikmati rumah, tak pernah tahu perkembangan anak istri saya, tak pernah tahu betapa berharganya setiap udara yang saya hirup, saya tak pernah tahu betapa berharganya waktu yang dihabisakan bersama anak dan istri saya,dengan cucu-cucu saja. Ketika hidup saya hendak berakhir, saya tersadar hidup ini adalah pesta, pesta yang selalu dirayakan”

“Apa yang ingin kau rayakan kalau begitu?”

“Saya ingin merayakan setiap helaan napas yang saya hirup selama saya hidup. Saya ingin merayakan setiap kasih sayang yang saya dapat, saya ingin rayakan setiap rejeki yang saya terima, saya ingin rayakan setiap menit bersama istri dan anak-anak saya, saya ingin rayakan kegembiraan bersama cucu-cucu saya. Saya ingin merayakan hidup.”

“Kalau kau punya waktu dua menit untuk merayakan itu semua apa yg kau lakukan?” Joko mengehala napas.

“Biarkan saya memberi tahu kepada anak dan cucu saya, orang terkasih dalam hidup saya agar mereka tidak terlalu serius mengahdapi hidup, karena hidup ini pesat, kita harus selalu merayakan setiap detik kehidupan kita.

“Itu adalah permintaan khas semua orang-orang yang memandang hidup ini serius sepertimu.”  Malaikat maut memandang iba.

(Tulisan yang dirangkai dalam rangka #PostcardFiction yang diadakan oleh Kampung Fiksi   dan Smartfren).

One thought on “Merayakan Hidup #poscardfiction

Leave a Reply

