#postcardfiction Bebas

Joko berdiri tegak di bawah langit. Matanya yang berwarna coklat tanah menatap kebebasan yang terbentang panjang di depannya. Udara panas bulan September menggarang. Warna-warna di mana-mana. Langit biru, pohon hijau, mobil-mobil hitam, perempuan beraneka warna. Untuk sesaat dia merasa bahagia luar biasa, ini kebebasan yang telah tiga tahun dia nantikan di balik tembok besar di belakangnya. Tiba-tiba dia merasa gugup

“Semua akan baik-baik saja.” Dia berkata pada dirinya sendiri. Sayangnya mengatai jangan gugup pada diri sendiri tidak membuat gugup itu hilang malah semakin bertambah.

“Apakah aku siap meraih kebebasan ini?” Gugup meningkat berubah menjadi kecemasan. Dia menghela napas panjang, berharap gumpalan tak enak di hatinya berubah.. Dia tak pernah menyangka rasa tak enak justru akan muncul ketika dia akan bebas.

“Ayahhhh!” Joko menoleh ke arah datangnya suara, seorang gadis kecil berseragam merah putih berlari ke arahnya. Di belakang anak yang berlari-lari semangat itu. Istrinya tampak cantik mengenakan baju terusan biru dengan payung  putih. Perlahan segala perasaan tak enak di hatinya menghilang. Dia membentangkan tangan, siap menyambut gadis keci yang manis itu ke dalam pelukannya.
“Ayahhh Lalita kangen!” Kata putrinya. Joko mempererat pelukannya.
“Ayah juga, Sayang.”
“Ayah takkan pernah pergi lagi kan? Ayah sama lalita dan Ibu lagi kan?”
“Ayah takkan pergi lagi, Sayang,” ucapnya. IStri Joko memandang mereka dengan senyum, dia menghapus air mata di sudut matanya.
“Selamat datang kembali, Mas,” kata istrinya, mendekat, dan tersenyum. Joko membalas senyuman istrinya. Siang itu kala matahari membakar garang kulit legamnya, hati Joko diliputi rasa bahagia. Setelah tiga tahun mendekam di balik jeruji besi, merasa terasing, dan tak berguna untuk pertama kalinya dia bersyukur. Bersyukur bahwa orang-orang terkasih selalu ada untuknya.

(Tulisan yang dirangkai dalam rangka #PostcardFiction yang diadakan oleh Kampung Fiksi   dan Smartfren).

Advertisements

One thought on “#postcardfiction Bebas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s