Senja Bersama Joko Pinurbo

Aku duduk dan menikmati teh bersama senja di depan jendela dan tiba-tiba terkenang  kepada Joko Pinurbo

Setelah punya rumah, apa cita-citamu? Kecil saja:
ingin sampai rumah saat senja supaya saya
dan senja sempat minum teh bersama di depan jendela.**

Ahh mas Joko, Aku juga dulu mempunyai cita-cita yang sama. Aku dulu punya rumah, sebuah rumah hati yang nyaman.

Aku juga punya keinginan sederhana sepertimu ingin pulang ke rumah saat senja agar aku dan senja bisa minum teh di depan jendela.

Tetapi rupanya aku lalai, Mas Joko.

Aku sampai di rumah saat malam dan begitu aku sampai di rumah hati itu, tak kulihat lagi senja tetapi yang kulihat adalah dia dan malam yang meminum kopi bersama di depan pintu.

Dan sama seperti Senja yang memilih pergi dan membiarkan malam menguasai rumah. Aku pergi mas Joko. Aku memutuskan pergi bersama senja dan membawa kebiasaan minum teh itu bersamaku.

Aku masih meminum teh bersama senja di depan jendela  masih mengenang Joko Pinurbo dan tiba-tiba senja pamit.

“Aku pergi!” Kata senja

“Kemana?” tanyaku

“Pergi karena malam akan datang!” Jawab senja

“Tidak bisakah kau tinggal?” tanyaku

“Jangan menyuruhku tinggal . Kalo aku tak pergi dan malam tidak datang maka aku tak bisa menemanimu minum teh di depan jendela besok.” Kata Senja.

Aku termenung lama memandang senja yang telah pergi berganti malam dan memutuskan untuk berhenti mengenang Joko Pinurbo.

Mas Joko, aku mengganti cita-citaku. Suatu saat ketika punya rumah hati lagi, aku tidak peduli sampai di rumah saat senja atau malam. Karena ketika sampai di rumah aku memilih minum kopi di depan jendela sambil menemani senja yang berganti malam.

*Penyair yang saya kagumi.

**Bait pertama puisi “cita-cita” Karya Joko Pinurbo.

Leave a Reply

