Ode to my father: Selamat hari AYAH, papa

image

Seluruh dunia merayakan hari Ayah hari ini. Dan sebagai yang punya ayah, saya ikut merayakan.

Ayah saya bernama Stefanus Enga, lahir persis sama seperti Jokowi 21 Juni 1961. Ia berperawakan pendek, perut buncit, dan rambut hampir semuanya putih. Ayah saya dulunya guru ekonomi di SMA. Ia guru yg nyentrik dan pintar (menjawab darimana kpintaran saya ini) dan kini jadi pengawas yg nyambi sebagai dosen di STKIP & UT.
Ayah saya sangat emosional. Kami pernah bertengkar hebat sampai saya membanting piring dan membuat ibu saya menangis. Setelahnya kami bicara dari hati ke hati dan saling meminta maaf.
Beberapa hal yg saya ingat tentang Ayah saya
Saat umur 11 tahun saya sakit parah. Cuma bisa tidur.. saya bilang sama Ayah saya.
“Papa saya mau makan bakso, kah.” Sejam kemudian Ayah mengantarkan bakso.
Saat saya akan berangkat kuliah Juli 2008, beliau berpesan : Jangan sekali-kali hamil sebelum kuliahmu selesai. Pesan yg sampai sekarang selalu saya jaga.
Saya pernah pacaran sama pria yg tidak bersekolah. Ayah saya memanggil saya dan berkata “Pacaran harus sama orang yg tingkat intelektualnya lebih tinggi atau setara. Sekolah itu penting.” Saya putuskan laki2 itu segera.
Salah satu hal yg saya sukai dari Ayah saya, dia suka memuji. Sejujurnya saya bosan dipuji karena sering dipuji dan yah ini berpengaruh pada karakter saya yg percaya diri hihi. Dia bahkan sangat bangga waktuvsaya selsai menulis novel (yg belum tentu dierbitkan juga :3)
Peristiwa berkesan yg pernah terjadi antara kami adalah. Saya pernah menelpon kedua orangtua saya Valentine 2010
Saya : Selamat hari valentine, Papa. Saya sayang Papa.
Papa saya : Aduh Ppapa malu memang e. Ini mama sudah.
Saya senang seumur hidup saya pernah mengatakan rasa sayang itu secara langsung.
Di hari ayah ini saya berharap papa saya diberi kesehatan dan rejeki yang banyak.
Selamat hari Ayah, Papa. Saya sayang papa.

Leave a Reply

