Gue, Golput, and Jokowi

image

Gue selalu bingung ketika ada orang yang murka terhadap paham “golput” dari seseorang tertentu dan bahkan ada yang mengatakan kalau Golput itu Kafir *whatthehel Apa yang salah dengan Golput? Okay mungkin memang satu suara bisaa menentukan siapa pemimpin tetapi kalau gue ga punya calon pemimpin yang sesuai hati nurani yah gue ogah milih. Mending golput toh??
Gue memilih golput sejak tahun 2010 saat gue menemukan bahwa siapapun yang menjadi pemimpin di negara ini tidak akan membawa pembaharuan apa-apa (tanpa bukti2 kongkrit yang mana ga masalah karena ini bukan skripsi) alasan lain sejak tahun 2010 tak ada satupun dari calon2 pemimpin itu menarik di hati dan nurani gue. Jadi buat apa milih?? Nah toh sekarang ketika pemimpin2 itu berulah gue biasa aja karena yah gue ga merasa memilih dia. Lagian yah peminpin itu ditakdirkan oleh garis tangannya. Kalau dia ga ditakdirkan untuk memimpin yah ga jadi pemimpin dia. Intinya gue golput dan gue ga butuh penjelasan Anda-Anda mengapa ga perlu golput.

Ini tulisan yg gue tulis di notes facebook tahun 2011, 3 tahun lalu. Waktu itu gue nggak peduli banget sama yg namanya politik. Asal uang kirimin ortu cukup sampai akhir bulan aja, gue udah senang. Sekarang gue mau 24 tahun. Bukan usia muda karena banyak banget yg udah jadi jutawan di usia ini.. Gue menyadari bahwa gue dan politik nggak bisa dipisahkan. Politik itu adalah yg menentukan nasib gue dan ratusan juta penduduk Indonesia. Politik itu adalah kita.

Awal tahun 2014 rame banget sama pemilihan umum. Dari caleg kemudian 9 Juli nanti Presiden. Gue sadar sekarang bukan waktunya lagi gue golput. Gue percaya satu suara dari gue bisa bkn politik indonesia ini lebih baik. Adalah Joko Widodo, pria sederhana asal solo yg memang sejak awal sudah mencuri perhatian gue. Dia keren banget saat jadi gubernur Jakarta mann.
Ini alasan gue milih dia..

1. Karena Jokowi pilihan terbaik

Pada awalnya, gue kesel ama Joko. Belum beresin Jakarta udah maruk mau jadi presiden. Namun pas tahu track record dan koalisi calon presiden yg lain gue keder. Gue nggak suka sama aburizal bakrie karena Lapindo sudah bkn hidup teman gue dan ratusan orang di Sidiarjo menderita. Gue uninstal path dan tdk menonton piala dunia di tvone dan antv karena ini.
Gue ngeri kalau FPI sampai berjaya di Indonesia. Gue punya banyak teman beragama muslim tapi mereka semua cerdas jadi persahabatan kami keren. FPI dan otak dua digit mereka bisa menghancurkan kedaulatan Indonesia.  Gue ngeri membayangkan perang salib terjadi di indonesia karena mereka. Jadi Joko adalah pilihan terbaik gue saat ini.
Gue berpikir kalau Prabowo presiden,  maka Indonesia siaga satu.

2. Karena namanya Joko.
Gue selalu ngerasa gue punya sisi pria dalam diri gue. Pria itu gue putuskan bernama Joko. Bagi kalian yg sering baca status atau cerita gue di blog pasti sering banget mendengar tentang Joko. Mengapa Jokowi bernama Joko? Apakah ini kebetulan? Hemm kebetulan lain si Jokowi tanggal lahirnya sama kaya Papa gue. Mengutip Ayu Utami di Manjali dan Cakrabirawa,  kalau terlalu banyak kebetulan, apakah itu masih disebut kebetulan?
Gue menciptakan Joko sejak tahun 2011,  Jokowi baru tenar tahun 2012. See!

3. Karena hati nurani gue milih Jokowi.

Hati nurani gue bilang jokowi layak gue percayai sebagai presiden gue. Hati nurani gue bilang dia yg terbaik dari semua. Hati nurani gue yakin Jokowi bisa bkn Indonesia keren. Hati nurani nggak pernah salah dan kalau Jokowi gagal pun gue nggak kecewa karena gue pernah memilih pake hati nurani.

Buat Anda swing voters yg membaca ini… semoga diyakinkan. Kalaupun. Tidak nggak masalah karena gue udah puas memilih pake hati nirani.
Salam dua jari.

Leave a Reply

